ForSEI untuk Ekonomi Islam dan Umat

Tak terasa ForSEI hampir menginjak usia 12 tahun, usia yang sudah tak muda lagi bagi sebuah forum ilmiyah. Tapi bertambahnya usia ini tidak sama dengan apa yang dirasakan manusia ketika mengalami pertambahan usia, yang seiring bertambahnya usia maka berkurang pula waktunya untuk hidup. Akan tetapi perpanjangan usia ini menandakan akan kemapanan ForSEI dan kontribusinya bagi ekonomi Islam serta umat.

Berbicara tentang kontribusi, ya memang hal ini merupakan sebuah tolak ukur dari keberadaan sebuah forum atau organisasi, apalagi organisasi tersebut bergerak pada aktivitas nirlaba. Hal ini memang menjadi sebuah pertanyaan besar terutama bagi ForSEI, selama 12 tahun keberadaan ForSEI di tengah mahasiswa dan masyarakat, hal apa yang sudah ForSEI lakukan untuk berkontribusi dalam mengembangkan Ekonomi Islam serta membantu mengatasi masalah ekonomi Indonesia.

Namun di sini saya tidak akan membahas bagaimana kontribusi ForSEI dalam membantu mengatasi masalah ekonomi Indonesia, karena masalah tersebut merupakan wilayah bagi mereka yang menduduki jabatan di kursi negara. Tapi di sini saya akan lebih membahas bagaimana kontribusi ForSEI dalam mengembangkan sistem Ekonomi Islam di Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan mereka yang nantinya akan menjadi pejuang-pejuang Ekonomi Islam di masa depan.

Keberadaan ForSEI dinilai sangat diharapkan untuk membantu memfasilitasi mereka para calon pejuang Ekonomi Islam, khususnya yang berada di sekitar kampus UIN Sunan Kalijaga. Sehingga seharusnya tujuan dari program-program ForSEI tersebut, bukanlah untuk membesarkan kader-kader yang berada di dalamnya, tetapi program-program tersebut bertujuan untuk menyiapkan seluruh stake holder Ekonomi Islam di sekitar kampus UIN Suka ini.

Satu gagasan dari saya, ForSEI ada bukan untuk mereka yang berada pada barisan depan ForSEI, ForSEI ada bukan untuk membesarkan nama ForSEI, ForSEI ada bukan untuk membesarkan para kadernya. Tapi ForSEI ada untuk Ekonomi Islam, ForSEI ada untuk umat, ForSEI ada untuk mereka yang akan menjadi gerakan pembebas kesenjangan sosial. Semoga gagasan ini bisa kita jadikan semangat dam keyakinan bahwa Ekonomi Islam bukanlah sebuah alternatif, tapi Ekonomi Islam adalah sebuah solusi konkrit bagi perekonomian yang sudah terlanjur hancur.


Opini oleh: Fauzan Husaini
 

0 Response to "ForSEI untuk Ekonomi Islam dan Umat"

Posting Komentar