ForSEI UIN Sunan Kalijaga Meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional


Mahasiswa FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dalam rangkaian agenda besar tahunan SES-C IPB (Sharia Economic Student-Club Institut Pertanian Bogor) pada acara Season (Sharia Economics at Seminar, Expo and Campaign). Season ke-10 telah berlangsung pada tanggal 11-13 September 2014. Salah satu rangkaian acaranya adalah Call for Sharia Economics Paper Competition (CASEP) dengan tema ”Membangun Ekonomi Islam melalui Sistem Politik”.
Adapun mekanisme CASEP tersebut terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama merupakan babak penyisihan yang ditinjau dari aspek judul dan abstrak karya dan hanya diambil 10 tim untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya. Adapun 10 tim yang lolos tersebut, diantaranya : IKIP Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun JawaTimur, Institut Pertanian Bogor, Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Perbanas, Sekolah Tinggi Ilmuekonomi Perbanas II, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri SunanKalijaga, Universitas Islam Negeri SunanKalijaga II, Universitas SebelasMaret Surakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta II dan Universitas Trunojoyo Madura. Tahap kedua adalah tahap presentasi karya untuk menentukan juara 1,2 dan 3.
Juara pertama CASEP 2014 berhasil diraih oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dengan judul karya “Optimalisasi Peran Zakat sebagai Alternatif Defisit APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah)” yang ditulis oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang merupakan anggota dari Forum Studi Ekonomi Islam (ForSEI) yaitu, Annisa Nur Salam, Hana Purti Rahmania dan Neneng Ela Fauziyyah. Sementara itu, juara kedua diraih oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta II dengan judul karya “Hybird Control System (HCS) sebagai Solusi Pendistribusian Zakat secara efektif dan Islami untuk Meningkatkan Kekuatan Perekonomian Nasional”.  Dan juara ketiga diraih oleh Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Perbanas II dengan judul karya “Pentingnya Standarisasi Gadai Syariah (RAHN) dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Islam Menuju AFTA 2015”.
Reporter  : Annisa N. Salam
Redaktur : Lu’liyatul Mutmainah (Staff PSDI ForSEI) 





0 Response to "ForSEI UIN Sunan Kalijaga Meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional"

Posting Komentar