ForSEI UIN Sunan Kalijaga Meraih Peringkat III Olimpiade Ekonomi Islam Nasional


Yogyakarta - ForSEI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil menduduki peringkat ke-3 olimpiade ekonomi Islam nasional dalam agenda SEVEN SHELTER 2014 Universitas Jenderal Soedirman. Acara ini berlangsung pada tanggal 12-14 September 2014. Selain Olimpiade ekonomi Islam nasional tingkat mahasiswa dan SMA, seminar nasional bertemakan “Implementasi Ekonomi Islam untuk Meraih Keadilan Sosial” dan workshop tentang Lembaga Keuangan Syariah serta fieldtrip ke Wisata Baturaden juga menjadi rangkaian acara SEVEN SHELTER 2014.


Dalam pencapaian untuk menjadi 10 finalis terbaik yang berhak mengikuti rangkaian acara tersebut bukanlah hal yang mudah, sebelumnya telah diadakan seleksi online pada tanggal 6 Agustus 2014 dengan menjawab soal dalam bentuk jawaban essay dan pembuatan tulisan singkat yang kemudian dikirimkan ke panitia, para peserta diberikan waktu 24 jam untuk menjawab soal tersebut. Dari 45 tim yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia, terdapat 10 tim dengan nilai tertinggi yang kemudian berhak mengikuti tes tertulis berupa 100 soal pilihan ganda dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) pada tanggal 12 September 2014. Kemudian dari 10 tim tersebut dipilih 4 tim dengan nilai tertinggi hasil kombinasi tes tertulis dan LCC yang harus mempresentasikan studi kasus yang telah diberikan. Peserta diberikan waktu semalam untuk memecahkan kasus tersebut yang akan dipresentasikan pada tanggal 13 September 2014.

Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya STEI SEBI A berhasil meraih juara pertama dengan nilai final presentasi 80, sedangkan juara kedua diraih oleh Universitas Gajah Mada dengan nilai 77,07 , dan selanjutnya peringkat ketiga dan keempat diraih oleh UIN Sunan Kalijaga dengan nilai 74 dan UIN Maulana Malik Ibrahim dengan nilai 73,67. Sedangkan keenam tim lainnya dari Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Negeri Semarang, STEI SEBI B, Politeknik Negeri Banjarmasin dan Universitas Mataram juga telah berusaha dengan maksimal dan turut berpartisipasi aktif dalam acara tersebut.

0 Response to "ForSEI UIN Sunan Kalijaga Meraih Peringkat III Olimpiade Ekonomi Islam Nasional"

Posting Komentar